Maju Sebagai Calon Perseorangan Pilkada Majene, Segini Dukungan KTP yang harus Dikumpulkan

Politik
Bagikan

Sejumlah undangan Sosialisasi Tahapan Pilkada dan calon perseorangan tampak serius mengkuti acara yang diselenggarakan KPU Majene. (Foto : Awal Nugraha)

SULBAR99.COM-MAJENE, Tahapan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Majene saat ini tengah berjalan. Salah satu kegiatan KPU Majene dalam tahapan itu adalah Sosialisasi Tahapan Pilkada dan calon perseorangan yang digelar di Hotel Davina, Senin (20/1/2019).

Salah satu komisioner KPU Majene, Munawir dalam penyampaiannya menyebutkan, untuk maju sebagai calon independen atau perseorangan Pilkada Majene, dibutuhkan dukungan minimal 11.089 orang.

“Syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan minimal 11.089 jiwa, yang tersebar pada lima kecamatan,” ungkap Munawir.

Alumni Teknik Elektro Unhas itu menambahkan, prosedur penyerahan verifikasi dan rekapitulasi diantaranya penetapan penyerahan verifikasi dan rekapitulasi, penetapan jumlah minimum dukungan, verifikasi administrasi ganda dokumen dukungan, verifikasi faktual, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual perbaikan serta rekapitulasi dukungan perbaikan.

BACA JUGA  RUU Pilkada. ASN Tak Wajib Mundur dalam Pilkada. Ketua PKB Majene : Memberikan Peluang Calon Potensial

Sementara itu, Irjan, juga komisioner KPU Majene mengatakan, berdasarkan PKPU No. 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan KPU No. 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wabup, tahapan pilkada Majene diantaranya Persiapan perencanaan program dan anggaran, Penyusunan Peraturan Penyelenggaraan Pemilihan, Sosialisasi kepada masyarakat, Pembentukan dan Masa kerja PPK, PPS, PPDP dan KPPS.

BACA JUGA  DPD RI Sulbar : Satu Petahana, Tiga Wajah Baru lolos ke Senayan

Selain itu ada pula Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan PPL dan Pengawas TPS, Pemberitahuan dan Pendaftaran Pemantauan Pemilihan, Penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih dan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

Laporan : Awal Nugraha


Bagikan