Permainan Rakyat Mandar Maqgasing Mulai Hidup Kembali

Daerah
Salah satu bentuk gasing yang banyak dimainkan di tanah Mandar.

SULBAR99.COM-MAJENE, Permainan rakyat Mandar, yaitu Maqgasing mulai ramai lagi dimainkan di kabupaten Majene. Seperti yang tampak pada sejumlah halaman rumah warga di Camba utara dan Teppo. Rabu, (9/10/2019), sejumlah warga, baik anak -anak maupun orang dewasa ikut memainkan gasing.

Maqgasing adalah permainan saling melempar gasing (terbuat dari kayu dan gerakannya berputar). Untuk membuat gasing berputar, diperlukan arra-arrang (tali) untuk memutar gasing tersebut.

Menurut salah seorang pecinta Gasing, Wawan, permainan gasing ini dibagi dua tim. Masing -masing Tim terdiri dari dua orang atau lebih. Wawan menambahkan, tim yang pertama memutar gasingnya dan menempatkan ke titik yang telah ditentukan. Sementara tim yang kedua melempar gasing yang sedang berputar tersebut.

BACA JUGA  Berjasa Kembangkan Perguruan, Presiden Peradri Dianugerahi Pendekar

“Kira -kira jarak melempar gasing empat hingga lima meter, tergantung kesepakatan,”tambah Wawan.

Sementara itu, Fadli, juga pecinta gasing memaparkan saat ini pembuatan gasing sudah modern, dibuat menggunakan mesin sederhana atau dilarik.

BACA JUGA  Ija, Wanita Miskin Yang Sumringah Terima Paket Sembako di Hari Bhakti Dokter ke- 111

“Dulu kalau kita buat gasing, waktunya lama karena pakai parang. Itupun mesti pakai pecahan kaca untuk menghaluskan gasing hingga tampak menarik,”ungkap Fadli.

Pantauan Sulbar99.com, di daerah Camba Utara kecamatan Banggae, memang terdapat salah seorang yang menawarkan jasa pembuatan gasing dengan menggunakan mesin sederhana. Selain prosesnya cepat, bentuknya juga bagus karena gasing menjadi seimbang sehingga menghasilkan putaran yang maksimal.(Ih)