Lokasi Kebakaran Tak Terjangkau, Petugas Padamkan Api Dengan Ranting Pohon

Daerah
Bagikan

KEBAKARAN LAHAN. Lahan terbakar di Buttu Tande. (Ist)

SULBAR99.COM-MAJENE-Sedikitnya 7 hektar lahan milik warga di lingkungan Buttu kelurahan Tande Kecamatan Banggae Timur Majene ludes dilalap si jago merah, Jumat (16/8/2019). Api mulai membakar lahan milik Kamaruddin, Hasura dan sejumlah warga  lingkungan Buttu  sekira Pukul 17.30. Akibat lokasi kebakaran tak terjangkau, api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 21.30 dengan menggunakan alat seadanya. Akibat dari kebakaran tersebut, 7 hektar lahan yang ditumbuhi alang-alang dan perkebunan milik warga lingkungan Buttu ludes terbakar

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, awalnya api terlihat muncul dari arah barat kemudian dengan cepat merambat ke arah timur. Hal ini disebabkan karena angin di lokasi kejadian cukup kencang sehingga api dengan cepat merambat.  Hingga saat ini, penyebab pasti kebakaran belum diketahui secara jelas.  Safril (40), salah seorang saksi di lokasi kejadian mengungkapkan, api begitu cepat merambat.”Saya juga tidak tahu apa penyebabnya, “ujar Safril yang berprofesi sebagai petani.

BACA JUGA  Gunakan Ranting Basah, Polisi, Koramil dan warga Sukses Padamkan Api di Pamboang

Sementara itu, Kapolsek Banggae AKP Masdar  Mansur yang dihubungi mengatakan, dugaan kebakaran sementara masih dalam tahap penyelidikan.  “Penyebab pasti kebakaran lahan masih dalam pemeriksaan, namun dugaan sementara akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan,“ ujar AKP Masdar. Lebih jauh Masdar mengatakan, mobil  pemadam yang tidak dapat menjangkau lokasi sehingga pemadaman dilakukan dengan peralatan seadanya.”Mobil pemadam kebakaran ada di tempat, namun tidak bisa menjangkau lokasi . “Masyarakat bersama Polisi dan petugas pemadam kebakaran  memadamkan api tersebut dengan peralatan apa adanya seperti ranting kayu dan pelepah pisang ,” ungkap Masdar.

BACA JUGA  Sebanyak 277 Jemaah Calon Haji Kabupaten Majene Siap Diberangkatkan Dua Tahap

Kapolsek Banggae tersebut menghimbau kepada masyarakat agar mencegah dan waspada terhadap kebakaran lahan mengingat sekarang ini musim kemarau. “Jangan membuang puntung rokok sembarang, jangan bakar sendiri kebun kalau mau buka lahan baru,” kata Masdar. (Ih)

BACA JUGA  Kapolsek Banggae Lakukan Pengecekan Pos Pengamanan Raja Bunga

Bagikan