Besok Akan Terjadi Gerhana Matahari Total, Hindari Melihat Langsung Matahari

Nasional
Bagikan

GERHANA MATAHARI TOTAL. Besok akan terjadi Gerhana Matahari Total. ( Foto : Ist)

SULBAR99.COM.Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi besok, 2 Juli 2019. Proses Gerhana akan dimulai pukul 16.55 dan memasuki masa umbra pukul 18.01, selanjutnya pada pukul 18.02, terjadi gerhana total dan memasuki batas selatan umbra pada pukul 18.03.

Puncak gerhana total akan terjadi pukul 19.22 dan selanjutnya pada pukul 20.43 mulai meninggalkan batas selatan umbra. Gerhana total akan berakhir pada pukul 20.43.6 dan mulai meninggalkan batas umbra saat pukul 20.44.3 dan berakhir pukul 20.50.7.

BACA JUGA  Produk Napi Rutan Majene dan Lapas Polewali Ikuti Trade Expo Indonesia di Banten

Kepala Bidang Data dan informasi Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar Imam Faturrahman seperti yang dikutip dari tribun bali.com mengatakan, gerhana Matahari Total besok tidak bisa dilihat di Indonesia. Gerhana tersebut sebagian hanya bisa dilihat dari Negara Amerika Selatan seperti Chili dan sebagian di Argentina serta Samudera Pasifik. Meskipun melihat langsung Gerhana Matahari Total tidak menyebabkan kebutaan, namun dianjurkan pada saat melihat Gerhana Matahari Total, agar menggunakan filter atau kacamata khusus untuk melihat matahari. Kepala LAPAN Thomas Jamaluddin ketika terjadi GMT pada tahun 2016 lalu, menanjurkan agar masyarakat melihat keindahan panorama gerhana matahari total dengan menggunakan filter. “ jangan sampai keindahan Gerhana Matahari Total justru dihindari seperti yang pernah terjadi di Indonesia tahun 1983 lalu,” Ujar Thomas seperti yang dikutip dari detiknews.(IH)

BACA JUGA  Panglima TNI Bersama Kapolri Tatap Muka dengan Tokoh-Tokoh Papua


Bagikan