Gusi Bengkak Sampai ke Pipi

Dokter Menjawab

08212295xxxx. Assalamualaikum wr,wb. Saya Syukri Van Gobel dari Sulawesi Utara. Gusi saya bengkak sampai sampai pipi kanan saya bengkak juga… apa obatnya…gigi graham bawah sebenarnya tidak sakit, tapi jika dipegang sama gusi sakit juga.

Drg. Denny Tri Wulandari, Sp. Perio menjawab

Waalaikum Salam Warahmatullahi wabarakatuh. Penyebab gusi bengkak hingga ke pipi ada berbagai faktor, bila diawali dengan rasa sakit sebelumnya, kemungkinan ada gigi yang lubang solusinya jika mahkota gigi anda masih banyak, harus dilakukan perawatan saluran akar gigi untuk mengangkat dan membersihkan kuman gigi yang menyebabkan gusi bengkak. Jika ada tambalan lama sebaiknya dibongkar

BACA JUGA  Komisi I DPRD Majene Berencana Undang Dinas PMD Terkait Program Marasa

Gusi bengkak juga bisa disebabkan gigi geraham belakang tumbuh tidak sempurna (Impaksi) sehingga harus dilakukan pencabutan gigi belakang tersebut (Odontektomi).

Selain itu, gusi bengkak juga bisa disebabkan karena terbukanya saku gusi, maka perawatannya adalah pembersihan karang gigi dan kuretase bila terbukanya saku gusi kurang dari 5 mm.

BACA JUGA  Konsultasi Dokter Gigi Spesialis

Untuk mengetahui sebaiknya anda segera mengunjungi dokter gigi anda karena untuk menentukan penyebab pastinya, perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti foto radiologi. Pengobatan tidak bisa langsung diberikan tanpa mengetahui riwayat penyakit sistemik sebelumnya seperti Diabetes, maag, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

BACA JUGA  Penggunaan Perfect Teeth

Langkah awal sebelum menemui dokter gigi, disarankan untuk berkumur dengan obat kumur antiseptik untuk mengurangi produksi kuman. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.